LESTARIKAN ADAT DI SERDANG BEDAGAI, KAMPUNG BUDAYA BATAK TOBA DIRESMIKAN

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai serius berupaya melestarikan berbagai adat dan tradisi di wilayah tersebut. Salah satunya adat tradisi Batak Toba yang dijaga kelestariannya melalui Kampung Budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli Kecamatan Dolok Masihul yang Rabu (13/9/2023) lalu diresmikan oleh Bupati Dharma Wijaya.* (foto: istimewa)


Kontributor: LPPL Radio Sergai FM Kab. Serdang Bedagai Sumut, Editor: Rita Zoelkarnaen

indonesiapersada.id – Serdang Bedagai, Sumut: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai terus melakukan upaya melestarikan pertumbuhan kampung yang dihuni suku – suku di Indonesia. Rabu (13/9/2023) lalu Bupati Serdang Bedagai Dharma Wijaya meresmikan Kampung Budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kampung Budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli ini bukanlah sekedar simbol atau dekorasi semata. Tetapi sebuah wadah yang akan menjadi cerminan kekayaan budaya, tradisi dan identitas masyarakat Batak Toba di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” terang Dharma seperti dilaporkan Reporter Fadli Irawan Saragih dari LPPL Radio Sergai FM dalam Berita Indonesia Live, Jum'at (15/9/2023).

Pendirian Kampung Budaya adalah untuk melestarikan adat, tradisi dan budaya yang semakin tergerus oleh perkembangan jaman. Kata Dharmawi, semua pihak jangan membiarkan warisan budaya hilang begitu saja. Dirinya mengajak seluruh masyarakat, terutama generasi muda, untuk berperan aktif dalam melestarikan adat budaya Indonesia.

“Saya mengajak semua pihak untuk bersama – sama mendukung Kampung Budaya Batak Toba agar menjadi destinasi wisata budaya yang mampu berkontribusi besar pada perkembangan keberagaman budaya di Kabupaten Serdang Bedagai,” lanjut Dharma.

Dalam kesampatan tersebut Dharmawi juga menyerahkan bantuan berupa sepuluh pasang pakaian adat Toba kepada Ketua Adat Toba di Desa Hutan Nauli. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Adlin Tambunan, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Rosmaida Saragih, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forkopimcam Dolok Masihul, para tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Berita ini dikutip dari Berita Indonesia Live (BILive) edisi Jum’at (15/9/2023). BILive adalah Program Siaran Berita Serentak oleh jaringan Lembaga Penyiaran Publik (LPPL) anggota Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (INDONESIAPERSADA.ID) sebagai satu - satunya organisasi berbadan hukum yang telah diakui oleh KemenkumHAM bagi LPPL milik Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.* (fadliirawansaragih)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Slot Gacor