
Keterangan Gambar : Menkominfo Johnny G. Plate bersama pejabat pimpinan tinggi madya dalam Halal bihalal Lebaran Digital Keren yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/05/2021).* (foto: kominfo)
LEBARAN, LAYANAN DATA MELONJAK HINGGA 49%
indonesiapersada.id - Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan ekosistem di Indonesia dalam penyediaan layanan telekomunikasi selama Ramadan dan Lebaran 2021 yang berlangsung baik. Menurutnya, selama libur akhir pekan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, terdapat kenaikan traffic telekomunikasi mencapai 49% dibandingkan tahun sebelumnya.
“Ada lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49% lebih besar dibandingkan Lebaran tahun lalu. Ini tentu semakin sadarnya masyarakat di mana pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama ya kita bersilaturahmi,” ungkapnya dalam Halal bihalal Lebaran Digital Keren yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/05/2021).
Johnny mengapresiasi semua ekosistem baik operator seluler penyelenggara teknologi digital dan lembaga lain. Menurutnya, selama masa libur Hari Raya Idul Fitri silaturahmi masyarakat dapat terus terjalin dan terjaga melalui pemanfaatan teknologi digital. Para operator seluler memahami untuk melakukan antisipasi peningkatan trafik.
Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia agar bisa bersilaturahmi dan berlebaran secara digital dengan baik. Tidak ada keluhan masyarakat terkait pemanfaatan bandwith infrastruktur digital nasional. Kecuali kendala gangguan layanan telekomunikasi data di Papua karena putusnya kabel bawah laut di utara Jayapura di kedalaman 4000 meter yang pemulihannya ditargetkan rampung Juni mendatang.
- Tingkatkan Kolaborasi
Selama Ramadan di masa pandemi Covid 19, masyarakat telah bermigrasi ke ruang digital. Menjadi tugas Kementerian Kominfo untuk untuk memastikan layanan yang prima terhadap masyarakat agar sukses menjalani transformasi ke dunia digital.
Kementerian Kominfo menggarisbawahi bahwa masyarakat telah bermigrasi ke ruang digital. Tugas kita seluruh insan - insan Kominfo untuk memastikan layanan prima terhadap masyarakat dengan menyiapkan layanan yang memadai.
Caranya, dengan cara amanah mengelola alokasi anggaran negara demi mempercepat pemerataan infrastruktur digital di seluruh pelosok nusantara. Antara lain melalui pelaksanaan program strategis yang telah dikerjakan selama lima bulan terakhir.
“Saat ini tengah berlangsung pengerjaan proyek infrastruktur di seluruh wilayah tanah air terutama di wilayah 3T. Kita juga sedang menyiapkan pembangunan pusat data nasional dalam rangka mendukung elektronik government untuk mendukung Satu Data Indonesia,” papar Johnny.
Juga upaya membangun Pusat Monitoring Telekomunikasi agar memenuhi kebutuhan masyarakat akan bandwith layanan telekomunikasi yang memadai. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo diminta menyeimbangkan demand and supply bandwidth bagi masyarakat.
Tahun ini Kementerian Kominfo juga melakukan pelatihan digital melibatkan lebih dari 12,4 juta rakyat untuk membangun talenta digital. Pelatihan tersebut bertujuan agar antar masyarakat bisa saling menghargai. Serta menghasilkan talenta digital yang memadai dalam mengisi ruang digital yang bermanfaat.
Kementerian Kominfo juga mengawal migrasi penyiaran ke penyiaran digital demi peningkatan layanan kepada masyarakat. Analog switch harus tuntas 2 November 2022 sehngga tugas seluruh jajaran Kementerian Kominfo agar sukses migrasi ke penyiaran digital sukses. Guna menjalankan semua itu, kolaborasi semua ekosistem komunikasi dan informatika menjadi penting agar pemanfaaran ruang digital bisa lebih bermanfaat.
- Momentum
Kementerian Kominfo juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam mendukung transformasi digital dan menjadikan Indonesia terkoneksi. Membangun komunikasi dua arah yang konstruktif penting dilakukan secara bersama – sama, demi mengantar masyarakat dalam menggunakan internetdan memanfaatkn teknologi digital.
Sivitas Kementerian Kominfo, kata Johnny, harus tetap semangat dan meningkatkan profesionalisme. Menurutnya, selama Ramadan seluruh sivitas Kementerian Kominfo telah menunjukkan produktivitas dalam pelaksanaan tugas - tugas Kementerian Kominfo.
Johnny mengajak jajarannya memegang amanah demi kesuksesan agenda akselerasi transformasi digital Indonesia. Caranya dengan menjaga semangat transformatif untuk terus memperbaiki diri yang membawa keberkahan bagi sesama. Serta meningkatkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan terbaik yang lebih efektif, efisien dan semakin bermanfaat bagi masyarakat.
Kementerian Kominfo juga mengajak untuk mempertahankan integritas, meningkatkan inovasi, dan kolaborasi guna menyukseskan agenda transformasi digital.
“Kita jadikan semangat Hari Kemenangan ini sebagai momentum untuk terus memacu diri guna menjadi pribadi serta membangun bangsa yang unggul menuju Indonesia terkoneksi, semakin digital, semakin maju,” ajaknya.
Halal Bihalal Lebaran Digital Keren Kementerian Kominfo dihadiri secara langsung oleh seluruh pejabat pimpinan tinggi madya Kementerian Kominfo. Hadir secara virtual Ketua Dewan Pers M. Nuh, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Agung Suprio, dan Wakil Ketua Komisi Informasi Hendra J. Kede, serta 1.000 pegawai melalui aplikasi temu daring zoom, dan lebih dari 500 orang menyaksikan lewat YouTube KemkominfoTV.* (rit’z)
Facebook Comments