RIBUAN WARGA PACITAN GELAR AKSI BERSIH-BERSIH PESISIR

Keterangan Gambar : Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji membuka Aksi Kolaborasi Bersih Pesisir Pantai Pancer Door dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, di Pantai Pancer Door, Selasa (11/6/202). Foto : IG @PemkabPacitan


Kontributor : Radio Suara Pacitan

indonesiapersada.id - Kabupaten Pacitan, Jawa Timur : D
ibuka Bupati Pacitan Ribuan Massa Gelar Aksi Bersih Pesisir Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Ribuan massa mengikuti aksi bersih-bersih sampah di Pantai Pancer Door Pacitan. Peserta aksi datang dari berbagai elemen masyarakat mulai dari unsur pemerintah, swasta, pelajar serta komunitas peduli lingkungan. Bahkan para peserta ada yang datang dari kabupaten tetangga.

Aksi Kolaborasi Bersih Pesisir Pantai Pancer Door dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang digelar Pemprov Jawa Timur bersama Pemkab Pacitan. Acara dibuka langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di Pantai Pancer Door, Selasa (11/6/202).

Melalui aksi ini Mas Aji mengajak seluruh masyarakat Pacitan peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Persoalan sampah merupakan urusan bersama mulai hulu hingga hilir. Mengelola sampah sebisa mungkin dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga.

"Pengelolaan sampah ini yang paling penting di tingkat keluarga, jika semua sudah peduli, sadar, Insya Allah semakin ke hilir semakin mudah penanganan," terang Bupati.

Demikian seperti dilaporkan Reporter LPPL Radio Suara Pacitan, dalam program siaran berita serentak berjejaring Berita Indonesia Live (BI Live) edisi Kamis (13/6/2024) yang diampu oleh INDONESIAPERSADA.ID.

Aksi bersih pesisir yang dilaksanakan di Pacitan ini merupakan bagian dari peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang digelar serentak. Selain itu juga sebagai upaya keterlibatan Indonesia menyongsong Net Zero Emission 2050 sesuai konvensi Paris. Aksi yang dilakukan di antaranya penanaman pohon di Kabupaten Banyuwangi dan bersih pesisir di Pacitan.

"Ini adalah kegiatan kolaborasi antara pemprov, pemda, badan usaha, dan elemen masyarakat," tegas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim Jempin Marbun.

Gerakan bersih pesisir dilaksanakan dengan melakukan pungut sampah di sepanjang pantai Pancer Door. Sampah selanjutnya dipilah sesuai jenisnya. Untuk sampah organik langsung ditimbun dan untuk unorganik dikumpulkan untuk dibawa ke TPS. Uniknya kelompok peserta yang berhasil mengumpulkan sampah unorganik terbanyak panitia memberikan hadiah dan doorprize.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Pacitan, jajaran Dinas Lingkungan hidup Pemprov Jatim serta kepala Dinas Lingkungan Hidup se-Jawa Timur.

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Slot Gacor