Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern

Ditulis Oleh Rita Zulkarnaen (Wakil Sekjen Indonesia Persada)

Mengupas kehadiran organisasi Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (INDONESIA PERSADA), awalnya pada tahun 2017, dari obrolan dua orang pengelola Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di JawaTimur, yang sebelumnya sudah puluhan tahun malang melintang di dunia penyiaran radio. Dua orang itu adalah Direktur Utama LPPL Radio Mahardhika FM Kota Blitar Rita Zoelkarnaen dan Direktur LPPL Radio Suara Sidoarjo Aries Widojoko, yang kebetulan keduanya bertemu dalam group whatsapp para mantan crew sebuah radio ternama di Surabaya. 

Obrolan tersebut bersambut dan berlanjut, Aries Widojoko bersama Direktur Utama LPPL Radio Persada FM Kabupaten Blitar Ahmad Eko Basuki yang bernama Langit Aka Pratama. Mereka menginisiasi pertemuan sejumlah LPPL Jawa Timur di Sidoarjo pada 9 Desember 2017. Hasilnya, pengelola LPPL yang hadir sepakat membangun jejaring berita melalui program siaran serentak bernama BULETIN JAWA TIMUR. Diikuti oleh tujuh LPPL yaitu Suara Sidoarjo, Persada Kabupaten Blitar, Wika Kabupaten Mojokerto, Suara Lumajang, RGR Kabupaten Tulungagung, RSAL Kabupaten Nganjukdan, Suara Kota Probolinggo.

Empat bulan berselang, difasilitasi DinasKominfo KabupatenBlitar, hampir semua utusan pengelola LPPL Jawa Timur sepakat bertemu di Blitar dalam kemasan acara Rapat Koordinasi LPPL Jawa Timur pada Kamis, 5 April 2018. Rakor tersebut menghasilkan kepeutusan fundamental, yaitudi sepakati terbentuknya Asosiasi LPPL Radio JawaTimur (ALPPLR Jatim) dengan susunan pengurus awal Ketua Direktur Utama LPPL Radio Persada Kabupaten Blitar Ahmad Eko Basuki, Wakil Ketua Direktur LPPL Radio Suara Sidoarjo Aries Widojoko, dan Sekretaris Direktur Utama LPPL Radio Mahardhika Kota Blitar.

Keabsahan organisasi terwujud melalui Akta Notaris Nomor 53 Tanggal 30 April 2018 dari Notaris Benediktus Bosu,SH Kota Malang. Kepengurusan dikukuhkan oleh Kepala Dinas Kominfo JawaTimur Ir. Eddy Santoso, MM pada Jum’at, 21 September 2018 di Surabaya. Selanjutnya, dengan arahan dariAbah Eddy, panggilan akrab Ir. Eddy Santoso, MM, dipandang perlu membangun organisasi yang mewadahi LPPL di tingkat nasional. Dengan kapasitasnya sebagai Direktur Eksekutif Asosiasi DinasKominfo Provinsi se – Indonesia (Askompsi), Abah Eddy mengenalkan Asosiasi LPPL Radio Jawa Timur kekalangan Askompsi dan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota di Indonesia.

Dalam pertemuan di Surabaya pada bulan Mei 2018, yang dihadiri Asosiasi LPPL Radio Jawa Timur dan perwakilan LPPL Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Ogan KomeringUlu (OKU). Ketiganya dari Sumatera Selatan, dan sebagai bentuk penghormatan keperwakilan LPPL dari Sumatera Selatan, tempat pertemuan nasional pertama LPPL Indonesia disepakati di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Meskipun Jawa Timur lebih dulu membangun organisasi yang mewadahi LPPL.

Namun dalam pertemuan nasional pertama tersebut, yang berlangsung di Banyuasin Sumatera Selatan pada 9 – 10 Oktober 2018, terjadi perbedaan mendasar dalam membangun organisasi antara inisiator Asosiasi LPPL Radio JawaTimur dengan Ketua Umum tingkat nasional versi pertemuan Banyuasin Erwin Ibrahim Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin. Inisiator Asosiasi LPPL Radio Jawa Timur mempertimbangkan minimnya jumlah perwakilan LPPL yang hadir, hanya 23 LPPL saja yang hadir, Asosiasi LPPL Radio Jawa Timur memilih sepakat membentuk wadah organisasinya dulu dan Tim Formatur yang bertugas melakukan sosialisasi tentang organisasi dan menyiapkan pembentukan pengurus.

Sekjen tingkat nasional versi Banyuasin Ir. Eddy Santoso, MM yang juga sebagai Direktur Eksekutif Askompsi, pun memilih mundur dan sepakat bahwa organisasinya dulu yang disepakati. Sedangkan Pengurus Harian meliputi KetuaUmum dan seterusnya, dipilih oleh Tim Formatur. Tim ini pula yang bertanggungjawab untuk mengenalkan organisasi keseluruh LPPL di Indonesia serta menyiapkan pembentukan kepengurusan. Dari perbedaan pendapat tersebut, Asosiasi LPPL Radio Jawa Timur memilih untuk membangun jaringan dengan sesama LPPL dari lintas provinsi yang sevisi untuk membentuk organisasi yang berbeda dengan hasil pertemuan Banyuasin Sumatera Selatan.

Asosiasi LPPL Radio JawaTimur, didukung Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kota se – JawaTimur yang dimotori Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan Drs. H. Syaifudin Ahmad, M.Sidan Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi se – Indonesia dimotori Direktur Eksekutif Ir. Eddy Santoso, MM,sepakat menyiapkan kegiatan Forum LPPL Indonesia. Dan dalam kesempatan rangkaian Peringatan HariPersNasional (HPN) di Surabaya, pada 6 – 7 Pebruari 2019, hampir seluruh pengampu LPPL yang tergabung dalam Forum LPPL Indonesia, berkumpul dalam Konferensi Nasional LPPL Indonesia.

Konferensi menyepakati dibentuknya organisasi di tingkat nasional yang mewadahi LPPL Radio dan TV yang sevisi, serta membentuk Tim Formatur yang diketuai Wakil Gubernur JawaTimur Drs. H. Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Selanjutnya, Tim Formatur inilah yang dipercaya membentuk dan menyusun kepengurusan yang mencerminkan keterwakilan dari Sabang hingga Merauke. Sedangkan untuk nama organisasia dalah PERSATUAN RADIO TV PUBLIK DAERAH SELURUH INDONESIA disingkat INDONESIA PERSADA.ID. Dan setelah melalui proses penyusunan pengurus selama enam bulan, kepengurusan lengkap dikukuhkan oleh Menteri Kominfo RI Rudiantara di Tangerang Banten pada 27 – 28 Agustus 2019, dengan Ketua Umum adalah Ketua Tim Formatur Drs. H. Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Ruang imajinasi. Theatre of Mind. Adalah kekuatan besar dalam dunia radio. Imajinasi itu yang memenuhi kepala tiga dreamer Rita Zoelkarnaen – Aries Widojoko – Aka Pratama, yang memimpikan LPPL memiliki organisasi yang diperhitungkan di tingkat nasional. Mimpi itu didukung para pecinta LPPL sejati yang tak segan – segan ikut wira – wiri dalam proses penyusunan pengurus dan pengukuhan.

Seperti Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan Drs. H. Syaifudin Ahmad, M.Si, Direktur Eksekutif Askompsi Ir. Eddy Santoso, MM, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum, SH, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan Drs. GT Yanuar Noor Rifa’I, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. Drs. Sudarman, MMSI dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Ir. Yeflin Luandri, M.Si.

Juga masih banyak nama – nama lain yang rela wira – wiri menyiapkan penyusunan dan pengukuhan pengurus. Mereka adalah Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Mistam Abuzzama, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Kota Denpasar Bali I Dewa Made Agung, SE, M.Si yang diwakili pelaksana operasional LPPL RPKD Denpasar Cokorda Istri Sri Kristina,S.Sos, M.Hum, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah Eko Suryantoro, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si, Direktur LPPL Tangerang Radio Banten H. Soma Atmaja dan pelaksana operasional Tangerang Radio Eko Triono Batiasmoro alias Eko Oeban, Kadis Kominfo Kabupaten Kota Waringin Timur Kalimantan Tengah Multazam, ST, M.MT dan pelaksana operasional LPPL Radio/TV Gemilang Indragiri Hilir Riau Trio Beni Putra, SE, M.Si.

Dan hanya orang – orang radio serta orang – orang pecinta radio sejati saja yang mengerti tentang bagaimana mewujudkan kekuatan besar Theatre of Mind.*