Update Minggu ke 3: BELAJAR DARI RUMAH KEMENDIKBUD BERSAMA TVRI

Keterangan Gambar : Program Belajar Dari Rumah (BDR) kerjasama Kemendikbud dengan TVRI pekan depan memasuki Minggu ke 3.* (foto: tangkapan layar)


indonesiapersada.id – Jakarta: Pandemi yang tak kunjung reda, membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus terus konsisten menjaga keberlangsungan proses belajar mengajar yang mengutamakan perlindungan kesehatan. Karena itulah Kementerian yang dinakhodai Nadiem Anwar Makarim tersebut konsisten melakukan terobosan bersama TVRI melalui Program Belajar Dari Rumah (BDR).

Program yang diluncurkan pertama kali pada 4 Januari 2021 tersebut, saat ini siap memasuki pelaksanaan materi Minggu ke 3, periode 18 – 22 Januati 2021. Jam tayang tetap Senin – Jum’at jam 08.00 – 11.30 WIB dibagi per 30 menit untuk setiap jenjang PAUD hingga Sekolah Dasar Kelas 6.

Jika mencermati materi ajar yang disiapkan untuk Minggu ke 3 ini, substansi pembelajaran terbagi dalam dua issue pokok yaitu tentang Alam dan Moda Transportasi beserta bahan bakarnya. Materi BDR secara lengkap bisa download di www.indonesiapersada.id/download  tinggal memilih materi yang dibutuhkan.

Materi untuk PAUD jam 08.00 – 08.30 WIB berturut – turut Senin hingga Jum’at materinya secara bergantian berjudul Jagalah Lingkunganmu, Tentang Laut, Menjaga Lingkungan, Warna – Warni, dan Kera & Satwa Lainnya.

Berikutnya jam 08.30 – 09.00 WIB untuk Kelas 1 SD materi pelajarannya adalah Pulau Tempat Tinggalku, Laut yang Dekat dengan Tempat Kita Tinggal, Indahnya Alamku, Hewan dan Tumbuhan Istimewa di Tempat Tinggalmu, dan Perbedaan yang Ada di Setiap Daerah.

Selanjutnya untuk Kelas 2 SD jam 09.00 – 09.30 WIB membahas tentang Pulauku Pulaumu dan Pulau Kita, Mantel Emas si Hewan Unik di Daerahku, Bentang Alam di Sekitar Kita, Lautku Lautmu dan Laut Kita, dan Berbeda – Beda Tetapi Tetap Satu.

Kemudian jam 09.30 – 10.00 WIB untuk Kelas 3 SD secara on air peserta didik akan diajari tentang Negara Kepulaan, Belajar dan Berlayar, Indonesia Indah Sekali, Negeriku yang Istimewa, dan Teman Baru dari Seberang.

Sessi berikutnya adalah materi untuk Kelas 4 SD pada jam 10.00 – 10.30 WIB. Materi ajarnya meliputi Dorong atau Tarik?, Yuk Kita Identifikasi Kendaraan dan Bahan Bakarnya, Mobil untuk Odi, Berbagai Jenis Bahan Bakar Kapal, dan Transportasi dan Bahan Bakar.

Dilanjutkan jam 10.30 – 11.00 WIB untuk siswa Kelas 5 SD, materinya adalah Transportasi Tradisional dan Problematikanya, Minyak Bumi dan Aktivitas Manusia, Perbandingan Bahan Bakar, Mesin dan Bahan Bakar, Harga Bahan Bakar.

Dan untuk Sessi terakhir jam 11.00 – 11.30 WIB untuk Kelas 6 SD juga mengupas soal transportasi. Meliputi bahasan yaitu Alat Transportasi dengan Tenaga Manusia dan Hewan, Yuk Hemat Bahan Bakar, BBM Subsidi, Mengisi Perut si Burung Besi, dan Mobil Buatanku.* (rit’z)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.