TIMNAS AMIN TERIMA SURAT ASPIRASI PETANI TEMBAKAU

Keterangan Gambar : Anggota Dewan Pakar Timnas AMIN, Marsekal Muda TNI (Purn) Supomo (ketiga kiri) menerima surat aspirasi dari Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APPTN) di Jakarta, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/HO-Timnas AMIN


Editor: Rita Zoelkarnaen

indonesiapersada.id – Jakarta: Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies - Muhaimin (AMIN) menerima surat berisi aspirasi atau harapan dari Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APPTN). Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu (10/2/2024), sejumlah petani dan perwakilan APTN mengantarkan surat aspirasi yang meminta para calon presiden dan calon wakil presiden, termasuk pasangan calon AMIN, agar bersedia memaparkan kebijakan untuk melindungi keberlanjutan ekosistem tembakau ke depan.

Anggota Dewan Pakar Timnas AMIN, Marsekal Muda TNI (Purn) Supomo, menjelaskan aspirasi APPTN searah dengan visi dan misi paslon Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar sebagai calon pemimpin Indonesia ke depan. Menurutnya, sektor pertanian yang salah satunya komoditas tembakau, selama ini memang terkesan terpinggirkan sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai manfaatnya selain untuk bahan baku rokok.

"Oleh sebab itu perlu dijaga kesinambungannya. Meski demikian, rokok juga memiliki dampak negatif jadi perlu diatur pula regulasinya," kata Supomo, seperti dikutip dari www.antaranews.com. 

Juru Bicara Timnas AMIN, Andi Sinulingga, yang ikut menerima aspirasi dari APPTN mengatakan, Anies - Muhaimin menginginkan agar komoditas perkebunan tembakau Indonesia dapat lebih dikenal secara global. Ia berjanji surat aspirasi yang diberikan para petani dan pekerja tembakau akan ditindaklanjuti dan disampaikan ke pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 itu, agar dapat menjadi perhatian.

"Bahkan silakan APPTN datang kembali membawa spanduk tuntutan menagih janji bila paslon nomor 1 Anies - Muhaimin terpilih dalam Pilpres 2024. Namun, tidak merealisasikan aspirasi petani dan pekerja tembakau," ujar Andi.

Sementara itu, Koordinator Nasional APPTN, Samukrah, menyatakan, melalui surat aspirasi ini diharapkan menjadi pertimbangan bagi para pasangan calon untuk merumuskan kebijakan perlindungan ekosistem tembakau.

"Dalam surat ini, kami semua petani dan pekerja tembakau menyampaikan hal apa saja yang menjadi hambatan, supaya diketahui ketiga capres dan dicarikan solusinya dengan kebijakan berkeadilan maupun melindungi," kata dia.

Selain diantar ke Timnas AMIN, surat aspirasi itu juga diserahkan ke paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud Md, guna mengetahui sikap seluruh pasangan calon dalam Pilpres 2024 terhadap masa depan ekosistem tembakau yang berkeadilan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

 

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD nomor urut 3.

KPU RI juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.* (LKBN Antara)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Slot Gacor