OPTIMALKAN LAYANAN, PDAM KOTA BLITAR TERAPKAN ZONASI PENGATURAN AIR

Keterangan Gambar : Pekerja tengah membongkar jalur pipa PDAM Kota Blitar memasang valve sebagai persiapan perubahan pengaturan layanan air dari sistem laba – laba ke sistem zonasi.* (foto: mahardhika for IP)


Kontributor: LPPL Radio Mahardhika FM Kota Blitar Jatim

INDONESIAPERSADA.ID – BLITAR KOTA: Program National Urban Water Supply Project (NUWSP) PDAM Kota Blitar sudah mulai berjalan. Salah satunya pemasangan valve atau alat untuk mengatur, mengarahkan atau mengendalikan arus air. Penggantian ini dilakukan karena sistem pengaturan air PDAM akan menggunakan zonasi.

Direktur PDAM Kota Blitar, Basuki Agus Riono mengatakan, sebelumnya pengaturan air PDAM menggunakan sistem laba-laba, semua saluran bercampur sehingga kurang efektif. Karena jika ada kerusakan di satu titik maka dampaknya akan dirasakan seluruh titik. Namun dengan sistem zonasi ini, akan memudahkan petugas saat melakukan perbaikan tanpa mengganggu layanan di titik lainnya.

“Jadi dulu itu kalau ada yang rusak satu, semuanya merasakan dampaknya. Kalau dengan system zona ini nanti, misal yang rusak zona B ya hanya itu yang diperbaiki, yang lain tidak terganggu,” jelas Basuki, Rabu (24/02/ 2021)

Menurut Basuki, pengaturan air PDAM akan dibagi menjadi 8 zonasi. Diantaranya berada di Jl. Bengawan Solo, Jl. Kalimantan, Jl. Soekarno, Jl. Patimoro dan lain-lain. Pembagian zonasi ini, disesuaikan dengan sumber mata air yang bisa mencakup beberapa wilayah.

“Acuan kita bukan berdasarkan kelurahan, tapi berdasarkan sumber airnya,” papar Basuki.

Basuki menambahkan NUWSP ini merupakan program dari Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kualitas air PDAM. Kota Blitar menerima program senilai Rp. 11 M untuk penggantian valve dan pembangunan filter air.* (mahardhika for IP)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.