BUPATI TUBAN RESMIKAN BUS SEKOLAH GRATIS SI MAS GANTENG UNTUK PELAJAR

Keterangan Gambar : Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky resmi me-launching bus sekolah gratis bagi pelajar "Si Mas Ganteng", Selasa (6/2/2024). Foto : Diskominfo Tuban


Kontributor : Radio Pradya Suara Tuban
Editor : Edo Santiago


indonesiapersada.id - Kabupaten Tuban, Jawa Timur : Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky resmi me-launching bus sekolah gratis bagi pelajar, Selasa (6/2/2024). Peluncuran program angkutan umum yang diberi nama Bus “Si Mas Ganteng” (Transportasi Masyarakat Tuban yang Elegan, Aman, Nyaman, dan Terintegrasi) itu berlangsung di halaman kantor Pemkab Tuban.

Tampak antusias luar biasa dari para siswa yang turut dalam uji coba rute bersama Mas Bupati beserta jajaran di lingkup Pemkab Tuban. Suasana nyaman mengiringi perjalanan program angkutan umum gratis tersebut.

Dalam sambutannya, Mas Lindra—sapaan akrab bupati—menuturkan, hadirnya program angkutan gratis untuk masyarakat, khususnya pelajar ini berawal dari keluh kesah orang tua/wali murid yang kesulitan mendapat transportasi umum ketika berangkat dan pulang sekolah.

Berangkat dari persoalan tersebut, Pemkab Tuban akhirnya berinisiatif untuk mewujudkan program angkutan umum gratis yang nyaman dan ramah terhadap anak.

‘’Angkutan bus gratis ini untuk para siswa dari semua jenjang pendidikan. Baik sekolah negeri maupun swasta, semua bisa memanfaatkan fasilitas angkutan pelajar gratis ini,’’ tutur Mas Lindra.

Pada tahap awal ini, terang Mas Lindra, pemkab baru menyediakan 10 unit bus, yang pengadaannya melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2024. Namun, ke depannya akan terus ditambah seiring kebutuhan.

‘’Ini (pengadaan 2024, Red) baru stimulus awal. Jika dirasa atau perlu peningkatan-peningkatan atau penambahan, nanti akan kami evaluasi,’’ jelas bupati muda kelahiran 1992 itu.

Demikian seperti dilaporkan Reporter LPPL Radio Pradya Suara Tuban dalam program siaran berita serentak berjejaring Berita Indonesia Live (BILive) edisi Senin (12/2/2024) yang diampu oleh INDONESIAPERSADA.ID.

Adapun jadwal operasi “Si Mas Ganteng” dimulai pukul 05.00-07.00. Pada pukul tersebut dikhususkan bagi pelajar yang berangkat ke sekolah. Selepas itu bisa dimanfaatkan masyarakat umum, juga untuk tujuan wisata. Pasalnya, bus ini nantinya akan terkoneksi dengan tempat-tempat wisata di Tuban. Dan kerennya lagi, nantinya, bus ini akan dilengkapi dengan sistem digitalisasi untuk memantau keberadaan setiap bus, sehingga memudahkan orang tua untuk memastikan anaknya telah sampai di sekolah. Siswa dan orang tua bisa mendapat layanan tiket, mengecek rute, jadwal operasional dan cek lokasi bus.

‘’Untuk mempermudah, pihak sekolah bisa mendaftarkan siswa-siswinya melalui aplikasi tersebut,’’ terangnya.

Bambang berharap, adanya program bus sekolah gratis ini bisa menekan angka kecelakaan di kalangan pelajar, sekaligus mengurangi volume kendaraan bermotor di Tuban.

‘’Harapannya, dapat mengurangi kemacetan di beberapa titik yang rawan macet,’’ ujarnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.